Free ongkos kirim keseluruh Indonesia

Tips Menggantung Gamis di Lemari Pakaian, Rapi dan Anti Lecek!

Tips Menggantung Gamis di Lemari Pakaian

Mau gantung gamismu di lemari tapi bingung bagaimana tips menggantung gamis di lemari pakaian agar tetap rapi?

Menyimpan gamis di lemari dengan cara yang tepat bukan hanya jadi terlihat lebih rapi, tapi juga menjaga keawetan dan estetika pakaian tersebut.

Gamis yang tergantung dengan rapi tidak hanya memudahkan kamu ketika mencarinya, tetapi juga membantu mempertahankan bentuk aslinya.

Artikel ini akan bahas bagaimana tips menggantung gamis di lemari pakaian yang tepat agar bahannya tak gampang kusut!

Tips Menggantung Gamis di Lemari Pakaian

Inilah beberapa panduan rinci tips menggantung gamis di lemari dengan benar agar tetap rapi:

  1. Pilih Gantungan yang Tepat

Memilih gantungan yang tepat sangat krusial untuk menjaga bentuk dan keindahan gamis.

Gantungan yang ideal adalah yang kuat dan memiliki bentuk lebar, terutama di bagian bahu.

Gantungan jenis ini mendukung berat kain gamis tanpa menyebabkan deformasi pada bahu atau bagian lain dari pakaian.

Gantungan yang terbuat dari kayu atau plastik tebal adalah pilihan yang baik karena tidak hanya kuat tetapi juga ramah pada kain.

Menggunakan gantungan kawat yang tipis adalah pilihan yang harus dihindari karena bisa menimbulkan lipatan tajam dan merusak kain.

Gantungan kawat cenderung melengkung di bawah berat kain gamis yang relatif berat, yang bisa menyebabkan gamis kehilangan bentuknya.

Selain itu, gantungan ini juga dapat meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan pada kain, sehingga mengurangi estetika dan keawetan gamis tersebut.

  1. Gunakan Sarung Baju

Sarung baju tidak hanya melindungi gamis dari debu dan kotoran yang bisa menumpuk di lemari, tetapi juga membantu mencegah gamis menjadi lecek.

Sarung ini biasanya terbuat dari bahan yang lembut dan bernapas, sehingga tidak menghalangi sirkulasi udara.

Dengan menggunakan sarung baju, kamu juga melindungi gamis dari paparan langsung terhadap cahaya yang bisa memudarkan warna kain.

Memilih sarung baju yang bening atau tidak berwarna adalah langkah yang bijak agar kamu dapat dengan mudah melihat isi dalamnya tanpa harus membukanya.

Ini sangat membantu ketika kamu sedang terburu-buru dan perlu menemukan pakaian tertentu.

Pastikan juga bahwa sarung baju tersebut cukup besar untuk menampung gamis tanpa harus melipatnya secara berlebihan, yang bisa menyebabkan lipatan permanen.

Baca Juga: Cara Merawat Gamis Polyester, Anti Rusak!

  1. Jangan Menumpuk Baju

Menggantung gamis dengan jarak yang cukup antar pakaian penting untuk menjaga form dan menghindari kerutan.

Pakaian yang terlalu rapat tidak hanya menyulitkan kamu saat mengambil satu baju yang diperlukan, tetapi juga mengurangi sirkulasi udara yang diperlukan untuk menjaga kelembapan kain.

Ini penting terutama di daerah dengan kelembaban tinggi di mana pakaian mudah terkena jamur.

Memberikan ruang yang cukup antara gamis di lemari juga memungkinkan pakaian untuk ‘bernapas’ yang merupakan bagian dari perawatan kain.

Ini membantu mengurangi resiko bau apek dan menjaga kualitas kain tetap baik dalam jangka panjang. Idealnya, berikan jarak minimal 2-3 cm antara setiap hanger untuk hasil terbaik.

  1. Perhatikan Cara Menggantung

Cara menggantung gamis juga mempengaruhi keawetan dan keindahannya.

Pastikan gamis tergantung dengan rata di hanger, tanpa bagian yang terseret ke lantai atau terlipat secara tidak semestinya.

Jika gamis kamu memiliki panjang yang lebih dari standar hanger, pertimbangkan untuk melipat bagian bawah gamis secara vertikal dan rapi, sehingga tidak menggantung terlalu rendah dan menyentuh lantai lemari.

Cara ini tidak hanya menjaga gamis agar tidak terinjak atau terlipat tidak semestinya, tetapi juga membantu mempertahankan bentuk dan draperi dari kain.

Ini sangat penting untuk gamis-gamis dengan bahan yang mudah lecek atau kusut, seperti sutra atau chiffon.

Memastikan bahwa seluruh gamis tergantung dengan baik akan mempermudah kamu saat ingin menggunakannya, tanpa memerlukan banyak waktu untuk menyetrika atau menghaluskannya kembali.

  1. Gunakan Pelicin Baju

Menggunakan pelicin baju dapat menjadi solusi cepat untuk menghilangkan kerutan pada gamis setelah dicuci atau jika telah lama disimpan.

Semprotkan pelicin secara merata pada gamis sebelum menggantungnya kembali, dengan memastikan bahwa kain benar-benar kering sebelum disimpan di lemari.

Pelicin akan membantu kain mengembalikan teksturnya yang halus dan mengurangi waktu yang kamu butuhkan untuk menyiapkan gamis saat akan digunakan.

Pastikan untuk mengikuti instruksi pada kemasan pelicin baju, karena beberapa produk mungkin memerlukan penggunaan yang berbeda tergantung pada jenis kain.

Pelicin yang aman untuk semua jenis kain adalah pilihan terbaik untuk menghindari kerusakan pada gamis kamu.

Baca Juga: Cara Merawat Gamis Shimmer Agar Tak Cepat Rusak

  1. Rutin Menyortir Baju

Menjaga lemari agar tetap terorganisir dengan menyortir dan merapikan baju secara rutin adalah kunci untuk menjaga kebersihan dan kerapian.

Dedikasikan waktu setiap beberapa bulan sekali untuk me-review isi lemari dan mengatur ulang pakaian yang tidak lagi sering dipakai atau yang perlu diperbaiki.

Ini adalah kesempatan untuk memeriksa setiap gamis dan melakukan perawatan yang diperlukan, seperti membersihkan noda atau memperbaiki jahitan yang terlepas.

Menyortir lemari tidak hanya membantu mengurangi kelebihan pakaian yang tidak perlu, tetapi juga memungkinkan kamu untuk mengevaluasi apakah sebuah gamis masih sesuai dengan gaya atau kebutuhan kamu saat ini.

Ini adalah cara yang baik untuk mempertahankan lemari yang berfungsi dan efisien, sehingga setiap kali kamu membuka lemari, kamu dapat dengan mudah menemukan pakaian yang ingin kamu pakai.

Ini beberapa tips menggantung gamis yang tepat agar gamismu tetap rapi dan tak gampang lecek.

Ingin tambah lagi koleksi gamismu? Kamu bisa cek gamis dari Shenada yang menarik untuk coba dikoleksi.

Ada yang berbahan shimmer sampai polyester, warna-warnanya pun sangat variatif sehingga menarik untuk dicoba satu-satu!

Aisyah Fitrah Rachma

Penulis fashion berpengalaman selama 5 tahun dan pengamat mode berbusana wanita yang berdedikasi. Dengan pemahaman mendalam tentang tren dan inovasi dalam industri ini, saya menghasilkan konten informatif dan inspiratif. Aktif mengikuti perkembangan dalam dunia fashion, saya mampu menganalisis tren, mengidentifikasi perubahan gaya, dan meramalkan arah mode mendatang. Dengan keterampilan menulis yang kuat, saya bertujuan untuk terus menginspirasi, mengedukasi, dan memberikan kontribusi positif bagi industri fashion dan para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop

Shenada Official Website

Selamat datang di Toko Kami. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Halo.. Selamat datang Dengan Syanash. Ada yang bisa Saya bantu?

WhatsApp Form