Free ongkos kirim keseluruh Indonesia

Cara Menyimpan Gamis Shimmer yang Tepat dan Bebas Rusak

Cara Menyimpan Gamis Shimmer yang Tepat dan Bebas Rusak

Mau beli gamis shimmer di Shenada tapi bingung bagaimana cara menyimpan gamis shimmer yang tepat agar awet?

Mengenakan gamis shimmer pada acara-acara spesial tentunya menambah pesona yang luar biasa.

Namun, menjaga keindahan dan kondisi gamis berbahan shimmer tidak cukup hanya sampai pada pemakaian.

Simpanan yang tepat sangat penting untuk memastikan bahwa keindahan dan kualitas kainnya terjaga.

Shenada akan bagikan beberapa tips praktis tentang cara menyimpan gamis shimmer agar tetap cantik dan awet.

Cara Menyimpan Gamis Shimmer

Ini beberapa cara menyimpan gamis shimmer yang tepat dan bebas dari masalah cepat rusak:

  1. Menyimpan Gamis Shimmer dengan Rapi

Ketika menyimpan gamis shimmer, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa gamis tersebut benar-benar bersih dan kering.

Kehadiran noda atau kelembapan bisa menjadi pemicu tumbuhnya jamur dan bau tak sedap yang sulit dihilangkan.

Selain itu, lingkungan yang lembab dapat mempercepat degradasi serat kain shimmer, sehingga merusak tekstur dan kilauannya.

Setelah memastikan kebersihan dan kekeringannya, mulailah melipat gamis shimmer dengan hati-hati.

Gunakan teknik lipatan yang halus tanpa membuat lipatan yang terlalu tajam, yang dapat menyebabkan bekas lipatan permanen pada kain.

Sebaiknya, gunakan asas melipat sedikit melengkung atau gulung gamis secara loose untuk menghindari tekanan pada serat kain.

Simpan gamis dalam lemari atau laci yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Sinar UV dari matahari bisa memudarkan warna dan mengurangi kilauan kain shimmer.

Sebagai langkah tambahan, kamu dapat menambahkan sachet pelembab atau silica gel di dalam tempat penyimpanan gamis.

Ini akan membantu menyerap kelembapan di udara sekitar, memberikan perlindungan ekstra terhadap kelembapan yang dapat merusak.

  1. Penggunaan Kertas Tisu Bebas Asam

Menggunakan kertas tisu bebas asam dalam proses penyimpanan gamis shimmer sangat penting untuk menjaga kondisi kain.

Kertas tisu ini bertindak sebagai pelindung antar lapisan kain, mencegah terjadinya transfer pigmen yang bisa terjadi jika kain-kain berwarna berdekatan satu sama lain dalam jangka waktu yang lama.

Ini adalah langkah penting terutama jika kamu menyimpan lebih dari satu gamis dalam satu tempat.

Kamu bisa meletakkan kertas tisu di antara setiap lipatan gamis shimmer, yang tidak hanya membantu mengurangi risiko warna menempel, tapi juga menyerap kelembapan yang mungkin tersisa saat proses pencucian.

Pastikan bahwa kertas tisu yang kamu gunakan bebas dari asam dan zat kimia lainnya yang bisa merusak kain.

Ini akan menjaga kain tetap segar dan bebas dari potensi kerusakan kimia.

Selain itu, penempatan kertas tisu juga membantu menjaga bentuk gamis shimmer saat disimpan.

Ini mengurangi kebutuhan akan setrika yang terlalu sering, yang bisa berisiko merusak kain shimmer dengan panas berlebih.

Baca Juga: Cara Menyetrika Kain Shimmer Agar Tak Cepat Rusak

  1. Pemilihan Kotak Penyimpanan yang Tepat

Memilih kotak penyimpanan yang tepat untuk gamis shimmer sangat krusial.

Kotak plastik kedap udara adalah pilihan terbaik karena menawarkan perlindungan terhadap debu, kotoran, dan serangga.

Pastikan bahwa kotak tersebut bersih dan kering sebelum digunakan.

Alternatif lain adalah kotak kain yang juga bisa menyediakan perlindungan serupa, selama kotak tersebut tidak menyerap kelembapan.

Penting juga untuk memastikan bahwa kotak penyimpanan memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan gamis tanpa harus menumpuknya terlalu banyak.

Penyimpanan yang terlalu padat bisa menyebabkan kerutan permanen dan merusak struktur kain shimmer.

Sebagai tambahan, pertimbangkan untuk menggunakan pemisah antara gamis jika kamu perlu menyimpan lebih dari satu di kotak yang sama.

Selalu letakkan kotak penyimpanan di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari perubahan suhu yang ekstrem atau sumber kelembapan seperti jendela atau pintu yang sering dibuka.

Ini akan memastikan bahwa kain shimmer tetap dalam kondisi optimal dan siap untuk digunakan kapan saja kamu membutuhkannya.

  1. Menghindari Tempat yang Lembab

Tempat penyimpanan yang lembab adalah musuh besar bagi gamis shimmer.

Kelembapan tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah pada kain, termasuk pertumbuhan jamur dan bau yang tidak sedap.

Jamur tidak hanya merusak estetika gamis, tapi juga dapat merusak serat kain secara permanen, mengurangi kekuatan dan keelokan kain tersebut.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa tempat penyimpanan gamis shimmer kamu terbebas dari kelembapan.

Untuk menghindari risiko ini, pertama-tama pastikan bahwa area penyimpanan seperti lemari atau gudang tidak terletak di dekat sumber kelembapan, seperti kamar mandi atau dapur.

Kamu juga harus menghindari menyimpan gamis di ruang bawah tanah atau garasi yang seringkali memiliki tingkat kelembapan yang lebih tinggi.

Jika kamu tinggal di daerah dengan kelembapan udara tinggi, menggunakan alat pengurang kelembapan atau dehumidifier di dalam lemari penyimpanan bisa menjadi solusi yang efektif.

Selain itu, secara berkala periksa area penyimpanan untuk deteksi dini tanda-tanda kelembapan atau pembentukan jamur.

Jika kamu menemukan tanda-tanda ini, segera bersihkan area tersebut dengan larutan pembersih yang aman untuk kain dan pastikan semua item benar-benar kering sebelum disimpan kembali.

Langkah-langkah ini tidak hanya akan melindungi gamis shimmer tapi juga pakaian lainnya yang kamu simpan di area yang sama.

  1. Berhati-hati dengan Penggunaan Parfum

Banyak orang menyukai wewangian yang menempel pada pakaian, namun ketika datang ke gamis shimmer, kamu harus berhati-hati dengan penggunaan parfum atau produk wewangian lainnya.

Bahan kimia yang terkandung dalam parfum bisa sangat keras dan berpotensi merusak serat kain shimmer, yang dapat menyebabkan pemudaran warna dan kerusakan permanen pada kilau kain.

Sebagai aturan, alih-alih menyemprotkan parfum langsung ke gamis shimmer, semprotkan parfum ke tubuhmu sebelum memakai gamis. Pastikan parfum mengering sepenuhnya pada kulitmu sebelum kamu mengenakan gamis.

Langkah ini akan membantu mencegah kontak langsung antara alkohol dan bahan kimia agresif dalam parfum dengan kain shimmer.

Ini juga akan mengurangi risiko noda atau bekas yang bisa terbentuk jika parfum tidak tersebar secara merata.

Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan parfum dengan konsentrasi lebih rendah atau produk yang dirancang khusus untuk tidak meninggalkan noda pada pakaian.

Beberapa merek parfum menawarkan varian yang lebih lembut yang bisa menjadi pilihan yang lebih aman untuk kain sensitif seperti shimmer.

Merawat gamis shimmer tidak hanya tentang mencuci dan mengeringkannya dengan benar, tetapi juga paham cara menyimpan gamis shimmer yang dapat memperpanjang umur pakaiannya.

Ingat, sedikit perhatian dan perawatan yang tepat dapat membuat gamis shimmer kamu tetap seperti baru dan siap digunakan untuk setiap acara spesial.

Kalau kamu tertarik perbanyak koleksi gamis shimmer di lemari pakaianmu, kamu bisa cek edisi rilisan gamis shimmer dari Shenada yang modelnya menarik dengan kualitas bahan shimmer terbaik di sini!

Aisyah Fitrah Rachma

Penulis fashion berpengalaman selama 5 tahun dan pengamat mode berbusana wanita yang berdedikasi. Dengan pemahaman mendalam tentang tren dan inovasi dalam industri ini, saya menghasilkan konten informatif dan inspiratif. Aktif mengikuti perkembangan dalam dunia fashion, saya mampu menganalisis tren, mengidentifikasi perubahan gaya, dan meramalkan arah mode mendatang. Dengan keterampilan menulis yang kuat, saya bertujuan untuk terus menginspirasi, mengedukasi, dan memberikan kontribusi positif bagi industri fashion dan para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop

Shenada Official Website

Selamat datang di Toko Kami. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Halo.. Selamat datang Dengan Syanash. Ada yang bisa Saya bantu?

WhatsApp Form