Free ongkos kirim keseluruh Indonesia

Cara Memilih Ukuran Gamis yang Pas, Anti Ngatung atau Kedodoran!

Cara Memilih Ukuran Gamis yang Pas

Mau beli gamis tapi bingung bagaimana cara memlih ukuran gamis yang pas?

Memilih ukuran gamis yang tepat bisa menjadi tantangan, terutama dengan berbagai model dan ukuran yang tersedia di pasaran.

Kali ini, Shenada akan bantu kamu menemukan cara memilih ukuran gamis yang pas, sesuai dengan bentuk tubuh dan kenyamananmu.

Cara Memilih Ukuran Gamis yang Pas

Ini beberapa cara memilih ukuran gamis yang pas agar selalu menarik dan nyaman saat kamu gunakan:

  1. Pahami Bentuk Tubuhmu

Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang unik, yang berarti tidak semua model gamis akan cocok untuk setiap orang.

Untuk memulainya, kenali terlebih dahulu bentuk tubuhmu—apakah berbentuk apel, pir, jam pasir, atau persegi.

Ini penting karena model gamis yang akan kamu pilih harus dapat menonjolkan kelebihan dan menyamarkan kekurangan tubuhmu.

Misalnya, jika kamu memiliki bentuk tubuh pir, pilihlah gamis dengan detail atau aksen di bagian atas untuk menyeimbangkan proporsi tubuhmu.

Selain itu, perhatikan juga jenis kain gamis.

Bagi kamu yang bertubuh lebih besar, kain yang jatuh dan mengalir seperti polyester bisa menjadi pilihan yang baik untuk menutupi area yang lebih lebar.

Sementara itu, bagi kamu yang lebih kurus, gamis dengan kain yang lebih tebal seperti shimmer bisa membantu menambah volume pada siluetmu.

  1. Ukuran berdasarkan Berat Badan

Memilih ukuran gamis berdasarkan berat badan adalah cara praktis yang bisa kamu terapkan.

Ini terutama berguna jika kamu berbelanja online dan tidak memiliki kesempatan untuk mencoba pakaian tersebut.

Sebagai panduan umum, jika berat badanmu kurang dari 55 kg dengan tinggi badan sekitar 160 cm, ukuran S bisa menjadi pilihan yang aman.

Untuk mereka yang beratnya antara 55 hingga 65 kg dengan tinggi yang sama, ukuran M mungkin lebih sesuai.

Namun, jangan hanya mengandalkan berat badan dalam memilih ukuran karena distribusi massa tubuh setiap orang berbeda.

Jadi, selalu gunakan pengukuran ini sebagai panduan awal.

Kamu juga harus mempertimbangkan faktor lain seperti tinggi badan, panjang lengan, dan lingkar dada untuk menemukan ukuran yang benar-benar pas.

Jangan ragu untuk mencoba beberapa ukuran jika kamu berada di antara dua ukuran, dan pilih yang paling nyaman.

Baca Juga: 7+ Tips Berpakaian Agar Terlihat Lebih Tinggi

  1. Perhatikan Jahitan dan Panjang Gamis

Detail pada jahitan gamis adalah aspek penting yang tidak boleh diabaikan.

Jahitan yang baik dan sesuai dengan ukuran tubuhmu akan menjamin kenyamanan saat mengenakannya.

Misalnya, jahitan pada bahu harus tepat berada di garis bahu kamu, tidak terlalu jatuh atau sempit. Ini akan memberi tampilan yang rapi dan proporsional.

Untuk lengan, pastikan panjangnya tepat, tidak terlalu panjang atau pendek, agar tidak mengganggu aktivitas.

Panjang gamis juga sangat penting untuk diperhatikan.

Gamis yang terlalu panjang bisa membuat kamu terlihat lebih pendek dan bahkan bisa menyebabkan kamu tersandung, sedangkan gamis yang terlalu pendek mungkin tidak sesuai dengan estetika atau syarat agama tertentu.

Idealnya, panjang gamis harus cukup untuk menutupi pergelangan kaki.

Sesuaikan panjang gamis dengan tinggi hak sepatu yang akan kamu kenakan untuk memastikan keserasian tampilan keseluruhan.

  1. Gunakan Sabuk atau Ikat Pinggang

Menggunakan sabuk atau ikat pinggang tidak hanya berfungsi untuk menyesuaikan ukuran di sekitar pinggang tetapi juga sebagai elemen style yang menambah keindahan gamis.

Sabuk dapat membantu menegaskan bentuk pinggang, terutama pada gamis yang lebih longgar, memberikan ilusi tubuh yang lebih ramping, lebih tinggi, dan terstruktur.

Pilih sabuk yang harmonis dengan warna dan material gamis untuk tampilan yang chic.

Selain itu, ikat pinggang juga bisa membantu dalam mengatur panjang gamis, terutama jika kamu menemukan model yang kamu sukai tetapi sedikit terlalu panjang.

Kamu bisa mengakalinya dengan mengikatkan sabuk dan sedikit mengangkat kain gamis ke atas sabuk, ini akan menaikkan hemline gamis tanpa perlu memotongnya.

  1. Bawa ke Penjahit jika Perlu

Terkadang, meskipun kamu telah memilih ukuran yang tepat, mungkin masih ada beberapa bagian dari gamis yang perlu disesuaikan agar lebih pas.

Ini bisa termasuk mengambil bagian pinggang, memendekkan lengan, atau bahkan mengubah panjang keseluruhan.

Jangan ragu untuk menginvestasikan sedikit lebih banyak dalam penyesuaian ini, karena gamis yang benar-benar pas akan membuat kamu merasa lebih percaya diri dan nyaman.

Membawa gamis ke penjahit juga memberi kamu keleluasaan untuk melakukan kustomisasi lebih lanjut, seperti menambahkan bordir atau aksesori lain yang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu.

Ini adalah cara yang bagus untuk mengubah gamis standar menjadi sesuatu yang unik dan personal.

  1. Cek Size Chart Sebelum Membeli

Mengecek size chart dari toko atau brand gamis sebelum melakukan pembelian sangat penting.

Size chart ini akan memberikan kamu gambaran lebih akurat tentang ukuran-ukuran yang mereka tawarkan, membantumu menghindari kesalahan dalam memilih ukuran yang tidak tepat.

Pastikan untuk mengukur dirimu sendiri sebelum membandingkannya dengan ukuran yang tersedia pada chart tersebut, dan ikuti rekomendasi ukuran yang diberikan untuk hasil terbaik.

Perlu diingat bahwa setiap brand mungkin memiliki standar ukuran yang berbeda, sehingga size chart dari satu brand bisa berbeda dengan yang lain.

Oleh karena itu, selalu cek dan cocokkan dengan pengukuran pribadi kamu untuk memastikan keakuratan dalam memilih ukuran.

Ini akan membantumu dalam jangka panjang untuk menghindari proses pengembalian atau penukaran yang mungkin memakan waktu dan biaya tambahan.

Dengan memperhatikan detail-detail di atas, kamu akan lebih mudah menemukan gamis yang tidak hanya pas di tubuh tetapi juga nyaman dan sesuai dengan gaya kamu.

Untuk pilihan gamis yang cocok dengan ukuran tubuhmu dan tetap stylish saat digunakan, kamu bisa cek koleksi gamis dari Shenada.

Punya kualitas bahan terbaik dan model yang menarik, gamis Shenada juga menggunakan ukuran umum wanita Indonesia yang pastinya tepat untuk kamu gunakan!

Aisyah Fitrah Rachma

Penulis fashion berpengalaman selama 5 tahun dan pengamat mode berbusana wanita yang berdedikasi. Dengan pemahaman mendalam tentang tren dan inovasi dalam industri ini, saya menghasilkan konten informatif dan inspiratif. Aktif mengikuti perkembangan dalam dunia fashion, saya mampu menganalisis tren, mengidentifikasi perubahan gaya, dan meramalkan arah mode mendatang. Dengan keterampilan menulis yang kuat, saya bertujuan untuk terus menginspirasi, mengedukasi, dan memberikan kontribusi positif bagi industri fashion dan para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop

Shenada Official Website

Selamat datang di Toko Kami. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Halo.. Selamat datang Dengan Syanash. Ada yang bisa Saya bantu?

WhatsApp Form